Kekerasan Simbolik Di Dalam Sebuah Iklan


Iklan, seiring perkembangan zaman pertumbuhan dan perkembangan sebuah iklan di beberapa media elektronik, khususnya media televisi kian hari kian berkembang dan semakin variatif. Berbagai macam produk ditawarkan melalui media baik televisi, internet dan media lainnya. Iklan sendiri kenapa bisa dikatakan sebagai produk yang mengandung kekerasan simbolik karena bisa dilihat dari bahasa yang dikatakan oleh mereka para aktor/aktris atau gambar (visual), para produser dengan sengaja memilih aktror dan aktris terbaik yang akan menawarkan produknya dengan visualisasi gambar yang menarik pula, bahkan iklan juga bisa menciptakan sistem nilai dengan bahasa dan gambar. sebuah iklan adalah salah satu kegiatan menarik perhatian agar masyarakat sebagai konsumen tertarik dengan sebuah produk yang ditawarkan.
Pada dasarnya, sebuah iklan menggunakan cara yang berusaha mengajak para konsumen dan mengakui bahwa sebuah perusahaan dari produk yang ditawarkan itu nyata akan kualitasnya, jujur, dan terpecaya tentunya. Maka dari itu, sebagai konsumen mereka dipakasa membeli produknya secara tidak langsung. Biasanya perusahaan tersebut menawarkan produknya dengan semenarik mungkin dengan bahasa dan gambar agar para konsumen percaya dan membelinya. Beberapa iklan memiliki banyak pengaruh yang mana produknya itu tidak sesuai dengan informasi yang diiklankan. Hal itukah yang dinamakan sebagai sistem nilai ataupun gaya hidup yang dikategorikan sebagai kekerasan simbolik. Dalam konteks ini sebuah iklan memiliki gambaran yang bisa menarik perhatian konsumen.
Sebuah perusahaan melalui sebuah iklannya menggunakan strategi persuasif agar para konsumen membeli produknya. ada 3 poin penting didalam sebuah iklan diantaranya, pathos, logos, and ethos. Sebuah iklan menggunakan pathos akan berusaha memengaruhi emosional para konsumen, dari sisi logos akan membuat para konsumen paham dan tertarik pada sebuah produk yang ditawarkan. dan yang terakhir sisi ethos secara tidak langsung mengajak para konsumen percaya pada sebuah perusahaan yang memroduksi produk dan barangnya terpercaya, sehingga mereka membeli produknya.
Pada umumnya, media sebagai peran penting bagi beberapa perusahaan untuk mempromosikan prduk-produknya. akan tetapi para konsumen tidak menyadari bahwa sebuah iklan pelan-pelan bisa mengubah persepsi ornag-orang. salah satunya produk iklan minuman susu yang bisa membuat badan lebih berisi dan berotot, hal itu ditawarkan lewat sebuah bahasa yang menarik dan juga para aktor yang memerankannya memiliki badan yang bagus dan dibanding dengna aktor lain yang tidak memiliki bentuk yang baik, dan peranan perempuan memilih laki-laki yang memiliki badan yang bagus. hal terssebut menggambarkan kepada konsumen bahwa laki-laki ayng memilik badan biasa saja tidak akan dipilih oleh banyak wanita, sehingga pandangan laki-laki yang bagus itu yang memiliki badan yang bagus pula.
Seharusnya, sebuah iklan memiliki pesan moral positif yang bisa memeberikan pesan positif kepada para konsumen. jadi sebagai konsumen, selayaknya pula kita harus cerdas dalam memilih sebuah produk dan jangna langsung percaya begitu saja, terhadap sebuah produk yang ditawarkan didalam sebuah televisi. berikut salah satu iklan yang memberikan pesan positif kepada para konsumennya. berikt Iklan Produk Kreatif dan Edukatif, klik aja

Oleh : Halim

0 Response to "Kekerasan Simbolik Di Dalam Sebuah Iklan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel