Fakta-Fakta Menarik Legenda Bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat


Dalam sejarah bulutangkis dunia, Taufik Hidayat merupakan pebulutangkis terbaik asal Indonesia yang pernah ada. Sederet prestasi, mampu ia raih untuk mengharumkan nama bangsa dan negara. Segelintir catatan menarik juga selalu menghiasi perjalanan karir pria yang kini ikut aktif dalam dunia politik.

Berikut rangkuman (yang dilansir indosport.com) tentang fakta-fakta menarik Taufik Hidayat selama ia berkarier di olahraga bulutangkis:

1. Ranking 1 Di Usia Muda
Taufik merupakan pemilik rekor pemain tunggal putra termuda yang bisa mencapai ranking 1 dunia saat usianya masih 17 tahun.

Ia juga memiliki rekor sebagai pebulutangkis muda pertama yang mampu menembus final kejuaraan bergengsi All England 1998 di usia yang sama. Karena pencapaiannya tersebut, Taufik di juluki ‘Si Anak Ajaib’.

2. Backhand Smash

Backhand Smash Sudah bukan rahasia umum jika Taufik Hidayat terkenal dengan pukulan backhand smash-nya.

Saat puncak kariernya, ia mengusai betul salah satu tekhnik olahraga bulutangkis tersebut. Kecepatan backhand smash Taufik tercatat mencapai 206 km/jam dan masih yang terbaik di dunia sampai saat ini.

3. Hanya Mau Dilatih Mulyo Handoyo

Dalam kariernya, Taufik Hidayat Diketahui hanya ingin dilatih seorang pelatih bernama Mulyo Handoyo. Karena hal tersebut, Taufik mendapat keistimewaan dari PBSI yakni memiliki pelatih pribadi.

Di tahun 2000-an Taufik pernah mengalami masalah pelik dan penurunan prestasi saat sang pelatih tak lagi dilirik PBSI untuk bergabung di pelatnas Cipayung. Mulyo yang akhirnya berkarier di Singapura membuat Taufik berniat meninggalkan Indonesia untuk mengikuti jejak pelatih kesayangannya tersebut.

Tak ingin membiarkan putra terbaiknya terus larut dalam permasalahan, PBSI berupaya memulangkan Mulyo agar kembali ke Indonesia. Alhasil, kembali kepelukan Mulyo, Taufik membayar semua dengan raihan Emas Olimpiade Athena 2004, Juara Dunia 2005 dan Emas Asian Games 2006.

4. Belum Pernah Merasakan Gelar All England

Semua gelar bergengsi dunia berhasil didapatkan Taufik Hidayat. Sayangnya, Taufik selalu gagal saat bersaing di kejuaraan All England.

Catatan terbaik Taufik di All England hanya mampu menembus final All England tahun 1999 dan 2000.

5. Memiliki Banyak Fans di China

Legenda hidup bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat diketahui sebagai salah satu pemain yang memiliki banyak penggemar di China.

Meski kerap bersaing dengan para pemain dari Negeri Tirai Bambu, pria yang kini menjabat Wakil Ketua III Satlak Prima tersebut ternyata punya tempat tersendiri di hati masyarakat China.

Hal ini juga sempat diungkapkan oleh Wakil Perdana Menteri China, Liu Yandong 2015 lalu saat berkunjung ke Universitas Indonesia,  Depok. Dalam sambutannya, ia menyebut bahwa menantu Agum Gumelar ini menyandang status bintang di negaranya.

 "Dia (Taufik) punya penggemar dalam jumlah besar di China," kata Liu

Liu juga menyebut, bukti bahwa Taufik begitu dikagumi adalah banyak media-media di China menjadikan pemberitaan pensiunnya peraih Emas Olimpiade 2014 tersebut menjadi Headline pada tahun 2013 lalu.

6. Sahabat Karib Lee Chong Wei

Meski menjadi pesaing utama di atas lapangan, Taufik Hidayat merupakan sahabat dekat dari pemain tunggal Malaysia, Lee Chong Wei.

Menurut pengamat bulutangkis Broto Happy, persahabatan keduanya begitu erat. Dikatakan bung Broto ketika itu, Taufik rela menjemput Lee Chong Wei dibandara saat sahabatnya itu datang ke Indonesia, begitupun sebaliknya.

7. Bersahabat dengan Li Yongbo

Taufik Hidayat mengaku memiliki hubungan baik dengan pelatih kepala bulutangkis China, Li Yongbo.

Dalam pengakuan Taufik tahun 2012, ia menjelaskan Li Yongbo yang mengetahui dirinya akan pensiun dan akan mengelola Taufik Hidayat Arena (THA) pernah menawarkan kerjasama kepada Taufik dalam hal pembinaan dengan bekerja sama dengan bulutangkis China.

Kedekatan mereka juga ditunjukan saat Taufik masih aktif sebagai pemain. Terlihat beberapa kali usai pertandingan, Taufik selalu menghampiri Li Yongbo untuk sekedar berjabat tangan.





0 Response to "Fakta-Fakta Menarik Legenda Bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel